Seumur Hidup Baru Kali Ini Bikin Opor Ayam! Ga Mateng Lagi!!

28 Jul

Adrenaline Rush! Menurut kamus adalah ledakan energi secara tiba-tiba dari peningkatan hormon dan neurotransmitter adrenalin yang menyebabkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah, keringat, gula darah, dan metabolisme.

Ken in Master Chef episode 6

Before making Opor Ayam yang ga mateng itu!

Itu lah yang selalu saya rasakan ketika berdiri menunggu pintu Galeri Master Chef dibuka. Denyut jantung meningkat, badan sedikit bergetar, dan yang paling terasa adalah gejolak energi yang siap disalurkan alias semangat yang menggebu!

Hari ini, di tantangan One Core Ingredient berbahan dasar ayam, kontestan diminta memasak makanan asli Indonesia. Duh! Begitu denger “masakan Indonesia” saya agak panik dan gugup juga. Karena seumur hidup, yang mahir masak makanan Indonesia itu cuma Mama.

Karena bingung mau masak apa, akhirnya dipilihnya Opor Ayam. Uh… Sebenernya kalo boleh jujur, saya kurang suka sama Opor Ayam sich, not my favorite dish. Syukurlah saya tidak mengalami kendala berarti saat memasaknya.

Entah mengapa, setiap kali saya memulai memasak dengan perasaan yang kurang yakin, hasilnya selalu kurang memuaskan! Saya lupa mengecek kematangan ayam tersebut! Hebat! Padahal itu kesalahan yang cukup fatal menurut saya! Untung saya bisa menjawab pertanyaan Chef Juna tentang daerah asal Opor yaitu Jawa Tengah. Uh! Seharusnya saya meminta Mama mengajari cara memasak Opor Ayam, She really good in cooking it secara Mama berasal dari Solo, Jateng.

Dan hadiahnya adalah Apron Hitam alias Pressure Test! Pasrahh.. Ini Pressure Test ketiga sepanjang perjalanan saya di Master Chef Indonesia ini. Opor pertama ini juga mengantar saya ke Pressure Test!

Buat Baguzt! You Rock, Boy!! You deserve to win this challenge! Hadiahnya bikin semuanya ngiri, yaitu tantangan melawan Pro Chef. Di episode kali ini, Pro Chef yang diundang bukan Chef yang biasa-biasa! Chef Henry Alexie Bloem, President of Indonesian Chef Association yang juga adalah FB Director of The Breezes Bali Resort and Spa. 

Datang dengan Moge, gondrong, brewokan, bertato! Lengkap dah! Keren dan sangar! Belum lagi prestasi beliau yang banyak banget.. Pernah menjadi Indonesian Chef of The Year, berkali-kali memenangkan perlombaan memasak dan sering menjadi juri di event perlombaan.

Walaupun saya menyenangi Adrenaline Rush, tapi ada yang tidak nyaman ketika saya harus mengganti baju saya dengan baju serba hitam untuk Pressure Test. Ada perasaan Insecure dan kawatir yang ga bisa dijelasin dengan kata-kata. Ada ketakutan dan kegugupan yang lain dari tantangan yang biasanya. Takut banget ngecewain diri sendiri dan orang lain.

Chef Henry Alexie Bloem meminta kami, 9 kontestan untuk memasak makanan kesukaan beliau yaitu Nasi Liwet Sambal Goreng Ati dengan Sambal Ijo Cibiuk.

I promise to my self untuk berusaha lebih keras lagi karena ini lagi-lagi masakan Indonesia! (berasal dari Jawa Tengah juga)

Pressure Test (Ken Master Chef Indonesia)

Nasi Liwet in the making

Karena pressure point kali ini adalah Time Management, saya benar-benar menata waktu untuk bisa memasak semua hidangan dengan sempurna. Memasak nasi, menyiapkan bahan adalah hal yang pertama kali saya lakukan. Satu kesalahan saya disini adalah tidak menggoreng kentang (untuk sambal goreng atinya) terlebih dahulu. Alhasil kurang matang. Duh! Bikin jengkel.

Muka tegang menunggu judging

Rupanya kesempatan saya untuk belajar di Galeri Master Chef ini belum berhenti disini, masih banyak PR yang harus digarap supaya saya bisa menghasilkan masakan yang lebih baik lagi dari hari ke hari. AMIN!

PS : Para follower twitter saya @KenKurniawan bilang kalau saya langganan Pressure Test nich! Hehehehe.. Makanya doain saya ya, Guys!

4 Responses to “Seumur Hidup Baru Kali Ini Bikin Opor Ayam! Ga Mateng Lagi!!”

  1. Chaca Annisa July 28, 2012 at 12:55 pm #

    Semangaat yaa kakaa buat besok dan seterusnyaa.. Semoga kaka ken ini yg jadi the next masterchef😀😀 hihihihi

  2. darus July 28, 2012 at 1:50 pm #

    semangat pak jangan menyerah..

Leave a Reply

